Para orang tua, tentu saja merasa cemas dan khawatir ketika dari usianya yang masih belia, sudah terpaksa memberikan smartphone atau hp kepada anaknya dikarenakan kondisi pandemi sekarang ini.

Dengan banyaknya konten yang bisa diakses para anak bermodalkan jari jemari saja, tentu membuat kecemasan bertambah berkali-kali lipat. Apalagi jika hp tersebut belum sempat diberikan pengaman batasan usia.

Walau begitu, ada solusi yang tepat untuk mencegah anak kecanduan bermain hp dan tidak mendapat manfaat yang seimbang untuk perkembangannya. Yaitu, dengan meng-install beberapa aplikasi edukasi yang bisa dicoba oleh anak.

Saat ini banyak sekali aplikasi edukasi yang bisa dipakai anak untuk membantu proses belajarnya, maupun mencari kesenangan tersendiri ketika sedang belajar. Salah satu aplikasi edukasi dengan konten berbayar yaitu Ruangguru, dan ada banyak sekali aplikasi edukasi gratis seperti belajar perkalian, berhitung, belajar berbahasa, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain aplikasi edukasi yang bisa didapatkan oleh anak-anak.

1. Meningkatkan Kapasitas Memori Anak

Permainan sering kali berkisar pada pemanfaatan hafalan. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan permainan di mana anak-anak harus mengingat aspek untuk menyelesaikan permainan, menghafal urutan kritis, atau melacak elemen naratif.

2. Kefasihan Komputer & Simulasi

Ini adalah sesuatu yang sangat penting karena kita hidup di dunia yang didominasi oleh teknologi. Bermain game melalui internet memungkinkan anak-anak untuk terbiasa dengan cara kerja komputer dan dengan demikian menjadi kebiasaan bagi mereka.

Ada situs web, seperti permainan Cartoon Network, yang menyediakan permainan yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak-anak yang juga mengajarkan mereka untuk menggunakan mouse dan keyboard dengan benar, belum lagi browsing, nama pengguna dan kata sandi, dan navigasi internet secara umum.

Selain itu, dikarenakan aplikasi ini memberikan peluang bagi kamu untuk menghasilkan uang dengan mudah hanya melalui aplikasi dan beberapa langkah sederhana, juga dapat memberikan manfaat terutama bagi perkembangan diri kamu sendiri.

3. Meningkatkan keterampilan koordinasi

Bukan berarti kamu dapat melupakan hal penting lainnya yang sedang kamu kerjakan jika kamu bermain aplikasi penghasil uang. Namun justru sebaliknya, karena kamu sedang memanfaatkan waktu luang yang ada untuk menghasilkan uang dengan mudah hanya melalui aplikasi.

Dengan ini kamu dapat lebih efisien lagi dalam mengkoordinir waktu yang perlu kamu gunakan untuk menggunakan aplikasi ini dan waktu yang perlu kamu gunakan untuk kepentingan diri kamu sendiri.

4. Meningkatkan keterampilan memecahkan masalah

Selain itu, dengan membiasakan diri memecahkan masalah-masalah yang ada pada aplikasi tebak gambar ini, kamu juga jadi tanpa sadar meningkatkan keterampilan memecahkan masalah-masalah kecil yang mungkin saja timbul dalam kehidupan kamu.

Mungkin sebagian orang mengira bahwa masalah yang mereka hadapi di dunia nyata berbeda dengan masalah yang mereka hadapi dalam dunia game. Tetapi, terkadang dengan membaca buku, bermain game, atau mendengarkan musik, orang-orang dapat terbantu untuk menyelesaikan masalah mereka meskipun tidak semudah menjentikkan jari.

5. Sumber belajar yang sempurna

Permainan menebak gambar merupakan sumber belajar yang sempurna jika kamu ingin meningkatkan kemampuan kamu dalam menghafal sesuatu ataupun juga meneliti sesuatu. Karena kamu memerlukan ketelitian yang akurat untuk memainkan aplikasi ini bahkan pada tingkat paling mudah sekalipun.

6. Mempercepat kecepatan otak

Meskipun aplikasi tebak gambar berhadiah ini tidak menyuguhkan tantangan berupa perhitungan waktu setiap kali kamu ingin menebak gambar, secara tidak langsung aplikasi ini menantang kamu untuk lebih cepat dalam menjawab segala gambar yang sudah ditunjukkan di layar ponsel tepat di hadapanmu.

Ini merupakan langkah yang tepat untuk mempercepat kecepatan otak, karena kebanyakan orang melupakan hal penting seperti ini. Banyak permainan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan otak, di antaranya yaitu bermain permainan puzzle.

Kesimpulan

Jika menyesuaikan dengan perkembangan jaman, sebagai orang tua sudah tidak lagi bisa mengkritik atau melarang anak untuk berkembang diiringi dengan gadget dan teknologi. Namun, kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan terus mengawasi perkembangan anak dan berusaha memahami metode seperti apa yang disukai oleh anak dalam mempelajari sesuatu.