Apakah Anda memiliki TV lama yang tidak lagi Anda tonton karena sudah terlalu tua di era baru ini? Kami mendukung Anda, inilah dua metode yang dapat Anda gunakan untuk mengubah TV kuno Anda menjadi TV modern yang membantu Anda bertahan di era digital ini. Nah, sekarang kamu bisa nonton Netflix tanpa sakit punggung lagi.

Metode #1 port HDMI atau VGA
Putuskan apakah akan menyambungkan kabel HDMI atau VGA dan kabel audio.
Sebagian besar TV modern dilengkapi dengan port HDMI yang dapat dihubungkan dengan mudah. Tetapi jika milik Anda terlalu tua sehingga Anda tidak menemukan port HDMI, maka cari port VGA, dan port audio. Tanpa port HDMI, Anda memerlukan port VGA dan juga port audio untuk mengubah TV Anda menjadi Smart TV.
Bagi mereka yang tidak tahu apa itu HDMI, pada dasarnya adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface dan merupakan sinyal HD yang paling sering digunakan untuk mentransfer audio dan video definisi tinggi melalui satu kabel.


Bagaimana cara kerjanya?
Dalam koneksi HDMI standar, Anda mengirim data dari perangkat pemutaran ke perangkat tampilan. Misalnya, Anda menyambungkan pemutar DVD ke TV menggunakan kabel HDMI.
Setiap TV modern (atau bahkan yang lama) memiliki port HDMI yang dapat Anda gunakan. Dengan cara ini Anda dapat terhubung dari PC/laptop melalui TV Anda.
Aturannya tetap sama dengan port VGA dan audio. Yang membuat perbedaan antara port HDMI dan VGA adalah, Anda tidak memerlukan lebih dari satu port untuk menghubungkan TV ke koneksi PC/internet Anda.
Jadi saya kira sekarang Anda mengerti apa singkatan dari HDMI. Salah satu yang bisa menghasilkan grafis dan audio, yaitu port HDMI. Yang dapat Anda temukan di TV modern atau bahkan di TV lama.

Bagaimana dengan port VGA dan port audio, bagaimana cara kerja keduanya?
Untuk mengetahui fungsi dari kedua port tersebut, Anda harus membedakannya. Sementara VGA adalah singkatan dari tampilan visual atau grafik, port audio melakukan hal yang sama tetapi hanya untuk audio. Jika Anda memiliki kedua port tersebut, maka Anda dapat menghubungkannya ke internet. Bahkan tanpa antena, Anda dapat menikmati menonton TV Anda.

Setelah Anda menghubungkan kedua port kabel ke PC dan TV Anda, Anda harus membuka “Mulai” di PC Anda, lalu pilih “Panel Kontrol” (ini berfungsi untuk Pengguna Microsoft), lalu Anda harus mengklik “Tampilan” dan menyesuaikan resolusi. Pilih TV, pastikan Anda tahu persis apa merek TV Anda.
Tada! Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Anda dapat memilih apakah Anda ingin menonton Youtube/Netflix dari TV atau sekadar menonton video lama masa kecil Anda untuk ditampilkan saat ada acara kumpul keluarga di rumah Anda.

Metode #2 Perangkat Streaming
Periksa apakah TV Anda mendukung port USB atau tidak.
Tidak semua TV lama memiliki port USB di dalamnya. Jika tidak, maka Anda tidak memiliki peluang untuk menghubungkannya ke perangkat streaming. Jika ya, Anda dapat mulai membeli perangkat streaming. Ada banyak sekali perangkat streaming yang bisa Anda pilih, mulai dari Apple TV, Chrome Cast by Google, dan masih banyak lagi.

Sebelum Anda membeli perangkat streaming, pastikan perangkat tersebut terjangkau untuk Anda dan juga kompatibel untuk TV Anda. Kebanyakan dari mereka termasuk remote control juga memungkinkan Anda untuk mengambil kendali dari smartphone Anda.

Dengan koneksi broadband, Anda dapat menonton video dalam kualitas HD. Tetapi jika Anda tidak mampu membeli koneksi broadband, Anda dapat menggunakan paket data tahunan dari pengembang kartu SIM ponsel cerdas Anda.

Mari selami topik tentang cara menggunakan perangkat streaming untuk mengubah TV lama Anda menjadi TV pintar.

Chrome Cast atau perangkat streaming lainnya

Sesuai dengan namanya, perangkat streaming memungkinkan Anda menonton video streaming secara online melalui TV Anda. Dengan banyak fungsi lainnya, perangkat streaming menjadi perangkat yang paling banyak dicari untuk memenuhi keinginan digital Anda.

Anda tidak hanya dapat melakukan streaming dari TV, Anda dapat menggunakan perangkat ini untuk berselancar di internet. Bukankah itu gila? Bagaimana seseorang dapat memenuhi kedua keinginan Anda sementara ponsel Anda tidak cukup besar untuk kedua mata Anda.

Apa yang perlu Anda ketahui tentang perangkat streaming:

• Set-top box
Ini persis seperti perangkat PlayStation atau DVD Anda. Sebuah kotak yang mencakup semua yang Anda butuhkan hanya dengan satu push di remote Anda. Setiap dekoder memberi Anda akses ke pemutar dan aplikasi sehingga Anda dapat mengalirkan konten ke TV sesuai permintaan.
Layanan mengejar ketinggalan seperti iPlayer, ITV Hub, dan All 4 adalah layanan standar, tetapi aplikasi lain yang disertakan di dekoder Anda bergantung pada penyedia Anda.


Sebagai contoh :
Sky Q berkolaborasi dengan layanan seperti Netflix dan Disney+ berarti Anda dapat menonton konten dari berbagai layanan secara langsung melalui kotak Sky Q Anda. Artinya, Anda dapat memilih kemasan dan merek apa yang Anda inginkan untuk memenuhi kebutuhan konten digital Anda. Hal inilah yang menjadi keunggulan set-top box

Perangkat streaming mandiri
Ini cocok bagi mereka yang membutuhkan perangkat portabel untuk dibawa-bawa. Perangkat ini bisa mendapatkan akses ke layanan pilihan Anda, yang membuat Anda bingung untuk memutuskan apa yang terbaik untuk Anda. Namun, pastikan untuk memeriksa layanan mana yang dapat diakses karena setiap perangkat streaming dilengkapi dengan aplikasi yang berbeda.


Inilah yang disebut dengan perangkat streaming mandiri dengan Google Chromecast terkenal dan juga dengan Google TV yang dihubungkan ke port HDMI di TV Anda dan terhubung ke internet secara nirkabel. Versi terbaru Google Chromecast memiliki antarmuka yang intuitif dan memungkinkan Anda mengakses semua platform streaming dari satu layar.


Chromecast menyertakan aplikasi yang dapat dikenali akhir-akhir ini seperti Netflix, Youtube, Spotify, Vevo, dan banyak lagi. Ini juga memiliki banyak aplikasi lain yang dapat Anda gunakan, mulai dari game dan olahraga hingga aplikasi kesehatan dan kebugaran.
Jika Anda tidak ingin berpindah penyedia atau membeli perangkat streaming khusus, Anda mungkin masih dapat mengakses pemutar dan aplikasi favorit di TV melalui perangkat lain yang sudah Anda miliki.


Beberapa tips dari saya, jika Anda tidak memiliki kabel HDMI, Anda harus tetap waspada dengan yang terbaru (versi 1.4). Versi baru memberi Anda akses ke transfer cepat antara PC dan TV Anda.
Untuk konduktivitas data berkualitas tinggi, pastikan untuk membeli kabel yang terbuat dari tembaga murni seratus persen. Beberapa kabel hanya berlapis baja, harganya cenderung lebih murah tetapi konduktivitasnya tidak sebaik kawat tembaga murni.