Salah satu penyebab laptop atau komputer lemot adalah karena banyaknya program yang berjalan atau mungkin ruang penyimpanan yang terlalu penuh. Oleh karena itu, seringkali kita harus menghapus beberapa aplikasi tertentu atau membersihkan aplikasi yang tidak digunakan. Dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai, kinerja laptop jadi lebih ringan.

Hanya saja untuk menghapus aplikasi atau program dari laptop kita tidak bisa asal menghapus folder. Apabila penghapusannya tidak sempurna, malah akan memunculkan masalah seperti file bekas yang menjadi sampah. Jangan khawatir, brikut ini ada beberapa cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa kamu ikuti. Pilih yang paling mudah.

Uninstall Aplikasi dari Start Menu

cara uninstall aplikasi di laptop

Cara uninstall aplikasi di laptop yang pertama adalah dari Start Menu. Kamu dapat menghapus aplikasi atau program dari menu Start Windows 10 atau 11. Berikut langkahnya.

  1. Di Windows 10, klik tombol Start 
  2. Cari program yang ingin kamu hapus, baik di daftar Semua Aplikasi di sebelah kiri atau di bagian tile di sebelah kanan.
  3. Klik kanan program, apabila kamu bisa menghapusnya dengan cara ini, kamu akan melihat opsi Uninstall di menu pop-up.
  4. Klik menu tersebut, kemudian konfirmasi kamu ingin mencopot pemasangannya
  5. Tunggu prosesnya, dan aplikasi akan segera hilang.

Uninstall Aplikasi dari Pengaturan Aplikasi

Selain cara yang pertama kamu juga bisa menggunakan cara kedua dengan mengunjungi Pengaturan Aplikasi

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi & fitur untuk lebih mudah melihat semua program di komputer.
  2. Layar ini menunjukkan kepada kamu Windows Universal dan aplikasi desktop standar, jadi kamu harus menemukan setiap program yang diinstal pada PC Anda di sini.
  3. Gulir ke bawah daftar untuk menemukan program yang ingin kamu hapus
  4. klik langsung di Windows 10 atau klik ikon tiga titik di Windows 11, lalu pilih Copot pemasangan.

Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Kamu bisa menggunakan cara ini apabila kamu lebih suka menggunakan Control Panel, cara menghapus aplikasi ini  masih tersedia di Windows 10 dan Windows 11.

  1. Klik bidang Pencarian di Taskbar
  2. ketik Control Panel
  3. pilih Control Panel dari hasil
  4. Setelah terbuka, pilih ke tampilan ikon dan klik Program dan Fitur.

Perhatikan bahwa cara ini tidak menampilkan aplikasi Windows Universal, hanya aplikasi atau program desktop standar. Untuk aplikasi Windows Universal, pilih program yang ingin kamu hapus, lalu klik kanan dan pilih Uninstall atau pilih Uninstall di bagian atas daftar.

cara uninstall aplikasi di laptop

Uninstaller Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi sering menyebarkan folder dan file mereka ke seluruh sistem kamu dan bahkan dapat mengisi Registry dengan pengaturan yang sulit untuk dilacak.  Fitur pencopotan aplikasi yang ada di dalam Windows tidak serta merta menghapus semua item sisa ini, jadi menghapus pemasangan agar filenya benar benar bersih membutuhkan pihak ketiga untuk menghapus aplikasi sepenuhnya.

Banyak file Windows dan pengaturan Registri digunakan bersama oleh lebih dari satu program.  Jadi, utilitas pencopotan pemasangan perlu menghapus semua sisa program yang kamu hapus instalannya tanpa mengganggu program lain yang mungkin masih bergantung pada item tersebut. Meskipun rumit, namun banyak aplikasi pihak ketiga ini sudah mampu mengatasinya.

Aplikasi uninstaller pihak ketiga memiliki cadangan dan perlindungan khusus. Jika terjadi kesalahan setelah pencopotan pemasangan, aplikasi dapat dipulihkan untuk memperbaiki masalah yang muncul. Berikut adalah tiga uninstaller pihak ketiga untuk cara uninstall aplikasi di laptop.

1. Menggunakan Revo Uninstaller

  1. Buka aplikasi Revo Uninstaller
  2. klik dua kali program yang ingin Anda hapus, atau klik kanan dan pilih Uninstall.  
  3. Tunggu prosesnya, selesai

Revo pertama-tama akan membuat titik pemulihan yang bisa digunakan kembali jika terbukti memberikan dampak saat menghapus file terkait dan entri Registry. Selanjutnya, Revo akan membuka program uninstall untuk menghapusnya. 

2. Menggunakan IObit Uninstaller

  1. Instal dan buka IObit Uninstaller
  2. pilih program yang ingin jamu hapus
  3. klik tombol Uninstall
  4. Selesai

IObit menggunakan program uninstaller rutin untuk menghapus aplikasi, selain itu aplikasi ini juga akan menyingkirkan file yang tidak perlu, entri Registry, dan pengaturan di sepanjang prosesnya.

3. Menggunakan Ashampoo Uninstaller

Cara uninstall aplikasi di laptop berikutnya adalah dengan menggunakan Ashampoo Uninstaller. Caranya kurang lebih sama dengan dua aplikasi diatas, Di layar utama, kamu dapat melihat semua aplikasi yang diinstal, program yang baru saja diinstal, aplikasi besar, dan bahkan pembaruan Windows.  

Kamu juga dapat memeriksa daftar semua aplikasi Windows dan plug-in browser. Plus, Ashampoo UnInstaller dapat memantau instalasi untuk membuat program lebih mudah dihapus.

Itulah beberapa cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa kamu coba. Pilih cara yang paling mudah dan paling cepat. Semoga artikel ini bisa membantumu mengurangi beban laptop karena terlalu banyak aplikasi terinstal dan buat laptopmu seperti baru lagi.

Sumber referensi: