Jasa Kurir adalah orang yang bertugas mengirimkan barang dari produsen ke konsumen. Karena berbentuk jasa, kurir akan mematok biaya kirim dengan rate tergantung jarak tempuh, berat dll.
Jasa ekspekdisi atau kurir sendiri jumlahnya cukup banyak mulai JNE, J&T, POS dan berbagai jasa pengiriman lainnya. Jika kamu ingin memiliki kurir tersebut sebaiknya diketahui terlebih dahulu profilnya.
Ada 5 profil jasa kurir terbesar di Indonesia yang bisa perlu kamu ketahui. Dari profil ini setidaknya kamu mengetahui latar belakang dan paket apa saja yang ada di dalamnya.
Daftar isi:
Profil Kurir Terbesar dan Terpopuler di Indonesia
Selama ini kamu hanya mengenal nama jasa kurir dan belum sepenuhnya mengetahui profil perusahan. Untuk memperjelas dan memahami lebih jauh berikut 5 profil kurir yang ada di Indonesia:
1. JNE Express

JNE termasuk salah satu ekspedisi di Indonesia yang cabangnya tersebar di berbagai daerah. Bahkan kurir ini tergolong memiliki perkembangan yang cepat di Indonesia dan mengalahkan jasa pengiriman sebelumnya.
Jasa pengiriman ini adalah salah satu divisi dari PT Citra Van TItipan Kilat (TIKI). Divisi ini pertama kali didirikan pada tahun 1990 oleh pengusaha bernama Soeprapto Suparno.
JNE mampu menjadi perusahaan ekspedisi yang mengalami perkembangan sangat pesat. Bahkan dalam waktu yang cukup singkat sudah memiliki banyak cabang di berbagai daerah.
Awalnya ekspedisi ini hanya beranggotakan 8 orang dan fokus pengiriman di impor barang dan kepabeanan. Dari anggota ini akhirnya berkembang pesat seperti sekarang ini
Nama Perusahaan | PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir |
Kantor Pusat | Jl. Tomang Raya No. 11. Jakarta Barat 11440. Indonesia |
No. Telepon | Contact center. (62-21) 2927 8888 Office. (62-21) 566 5262 Fax. (62-21) 567 1413 |
Alamat Email | customercare@jne.co.id |
Cek Resi | JNE Express |
2. J&T Express

Pada tahun 2015, J&T Express resmi didirikan di Indonesia dan bermarkas di Jakarta. Lalu jasa pengiriman ini semakin berkembang hingga akhirnya punya gudang sorti di Surabaya dan Semarang.
Jet Lee dan Tony Chen menjadi orang yang mendirikan jasa kirim J&T Express. Ia punya ide tersebut karena melihat jasa pengiriman yang sering terlambat dan tidak sesuai jadwal.
Akhirnya dengan modal 400 miliar, perusahaan expedisi ini didirikan untuk membantu konsumen yang beli secara online. Dengan visi yang tinggi akhirnya expedisi ini kini semakin berkembang dan bersaing ketat dengan JNE.Â
Nama Perusahaan | J&T Express Indonesia |
Kantor Pusat | Jalan Lapangan Bola Nomor 34, Kelurahan Kebon Jeruk RT 04 RW 10 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kode Pos 11530 |
No. Telepon | 021-8066-1888 |
Alamat Email | jntcallcenter@jet.co.id |
Cek Resi | J&T Express | J&T Cargo |
3. POS Indonesia
Jenis ekspedisi ini rasanya sudah populer sejak jaman dahulu dan masuk dalam BUMN. Berdiri pada tahun 1746, POS Indonesia yang awalnya hanya mengirimkan surat kini juga beroperasi kirim barang secara online.
Jasa kirim ini kini telah tersebar di berbagai daerah baik di tingkat kabupaten dan perkotaan. Bahkan jasa kirim ini juga ada di setiap kecamatan untuk mempermudah mengirimkan barang.
Karena tersebar luas di Indonesia maka jumlah karyawannya mencapai ribuan. Untuk proses pengembangannya, POS Indonesia juga merambah ke berbagai marketplace. Tujuannya agar banyak konsumen yang menggunakan jasa ekspedisi ini.Â
Nama Perusahaan | PT Pos Indonesia (Persero) |
Kantor Pusat | Jalan Banda Nomor 30, Citarum. Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Jawa Barat, Kode Pos 40115 |
Call Center | Halopos 161 |
halopos@posindonesia.co.id | |
Cek Resi | POS Indonesia |
4. SiCepat Ekspres
SiCepat Ekspres pertama kali didirikan pada tahun 2014 dan berpusat di Jakarta. Jasa Ekspedisi terbaru ini tidak hanya beroperasi di Indonesia tetapi di berbagai negara di benua Asia dan Australia.
Sesuai dengan namanya, SiCepat misinya hanya butuh 15 jam untuk sampai di daerah Jabodetabek dan Bandung. Sedangkan untuk daerah lain akan terus diusahakan untuk sampai dalam waktu 1 hari saja
Bahkan pada situs resminya persentase pengiriman jasa kirim ini mencapai 95%. Ini menjadi tanda bahwa jasa kirim ini memang selalu sampai ke tujuan dengan tepat dan cepat.
Nama Perusahaan | PT. SiCepat Ekspres Indonesia |
Kantor Pusat | Jl. Ir. H. Juanda 3 No. 17-19, RT.008/RW.002, Kel. Kebon Kelapa Kec. Gambir, Jakarta Pusat 10120 |
Call Center | (021) 5020 0050 |
customer.care@sicepat.com | |
Cek Resi | SiCepat Ekspres |
5. Ninja Xpress

Ninja Express atau Ninja Van merupakan jasa kirim yang awalnya berpusat di Singapura. Jasa kirim ini dibentuk pada tahun 2014 dan kini gudangnya ada di berbagai negara seperti Indonesia dan VIetnam.
Jasa kirim ini didirikan oleh Chang Wen yang juga berposisi sebagai CEO dan Founder. Di Bawah kendalinya, jasa kirim ini punya banyak layanan diantaranya Ninja Fast. Layanan ini akan dikirimkan dalam durasi yang cepat dan sampai di tujuan keesokan harinya.
Nama Perusahaan | Ninja Van (Ninja Xpress) |
Kantor Pusat | Menara Bidakara 2 Lantai 5, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 71 – 73. Pancoran, Menteng Dalam. Jakarta Selatan, Kode Pos 12870 |
Call Center | +62 21 2926 4120 |
support_id@ninjavan.co | |
Cek Resi | Ninja Xpress |
Dari 5 profil jasa kurir terbesar di Indonesia ini kamu bisa mengetahui siapa pemilik dan kapan didirikannya. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah jasa kirim itu berdirinya di Indonesia atau di negara lain. Selain itu, profil ini bisa memberikan pengetahuan lebih terkait jasa kirim tersebut.