Penerimaan dana pensiunan membutuhkan otentikasi pada seseorang yang dulunya mantan PNS. Otentikasi sendiri merupakan proses pengesahan dimana mantan PNS tersebut memang berhak dalam menerima tunjangan pensiun.

Kini ketika zaman semakin modern, proses otentikasi ini tak dilakukan seperti dulu lagi, melainkan melalui aplikasi bernama Taspen otentikasi. Aplikasi ini memudahkan bagi siapa saja yang ingin melakukan otentikasi pensiun secara jarak jauh.

Cara Otentikasi Melalui Aplikasi Taspen Otentikasi

Logo Aplikasi Taspen Official
Logo Aplikasi Taspen Official

Di zaman sekarang ini semua hal serba dipermudah, salah satunya penggunaan aplikasi Taspen otentikasi untuk mengotentikasikan data dari mantan PNS secara mudah. Aplikasi Taspen otentikasi ini tersedia dalam google play store yang dibuat oleh PT Taspen (Persero).

Ukuran aplikasi ini sendiri terbilang kecil yakni hanya 8 MB untuk android dan 35 MB untuk IOS. Aplikasi ini didesain khusus untuk spesifikasi minimal android 5 untuk android dan IOS 9 untuk ukuran IOS. Cara otentikasi dalam aplikasi Taspen adalah sebagai berikut:

NAMA APLIKASITaspen Otentikasi dan Mobile V2
DEVELOPERPT TASPEN (PERSERO)
UKURAN FILE9.4 MB
VERSI TERBARUv1.64
LINK DOWNLOAD[APK] [V2]
  • Langkah 1: Download aplikasi Taspen otentikasi lewat link unduhan diatas
  • Langkah 2: Buka aplikasi tersebut dan izinkan semua persyaratan di dalamnya
  • Langkah 3: Lalu masukkan nomor Taspen pada kolom yang telah ada
  • Langkah 4: Klik opsi notifikasi
  • Langkah 5: Selanjutnya ambil foto pada bagian wajah seseorang yang telah pensiun dengan jelas
  • Langkah 6: Setelah itu aplikasi akan meminta gerakan-gerakan yang harus dilakukan oleh penerima uang pensiunan.
  • Langkah 7: Apabila ternyata gagal, maka proses akan diulangi kembali.
  • Langkah 8: Jika telah selesai maka pengguna dapat keluar dari aplikasi Taspen otentikasi.

Hal yang Harus Ada Sebelum Proses Otentikasi

Sebelum proses otentikasi, pastikan Anda telah memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

#1. Pastikan telah perekaman data

Data disini yang dimaksud ialah data diri yang telah tercantum pada kantor cabang Taspen atau mitra bayar Taspen. Ketika pensiunan sudah terdaftar, maka langkah selanjutnya yakni otentikasi dapat dilakukan lewat aplikasi Taspen otentikasi.

#2. Pastikan berada dalam ruangan bercahaya terang

Sebelum melakukan langkah ambil foto dalam otentikasi, maka kondisi ruang perlu diatur dengan pencahayaan yang terang agar foto yang dipotret dari seorang pensiunan terlihat jelas dan tidak blur.

#3. Kecepatan koneksi

Cara Login Di Aplikasi Taspen
Cara Login Di Aplikasi Taspen

Apa jadinya kalau ketika kita sedang membantu proses otentikasi orang tua tetapi tiba-tiba koneksi sangat lambat? Sangat tidak diinginkan bukan, dan akan menambah kerumitan proses otentikasi. Maka dari itu penyiapan koneksi yang mumpuni sangat penting bagi kelancaran otentikasi.

#4. Kualitas device

Sesuai perincian diatas bahwa minimal android yang dapat digunakan dalam pengaplikasian otentikasi di aplikasi Taspen adalah android 5 sedangkan IOS 9 untuk kategori IOS. Apabila device yang digunakan masih dibawah standar tersebut, bukan tak berkemungkinan tidak mengganggu proses otentikasi.

Notif Pesan Berhasil Verifikasi Wajah Di Taspen Otentikasi
Notif Pesan Berhasil Verifikasi Wajah Di Taspen Otentikasi

Sebab Tidak Dapat Dilakukannya Otentikasi Pada Aplikasi

Terdapat beberapa hal yang melatar belakangi tidak terjadinya proses otentikasi pada aplikasi Taspen otentikasi. Hal tersebut antara lain:

#1. Traffic penggunaan sangat tinggi

Hal pertama merupakan yang paling sering dialami ketika aplikasi tersebut menerima client yang sangat banyak dan melebihi batas client, sehingga aplikasi akan error untuk sementara karena terlalu banyak layanan yang akan dikerjakan. Biasanya hal ini terjadi ketika semua orang serentak menggunakan aplikasi Taspen dalam waktu yang bersamaan.

#2. Device tidak memadai

Sebagai gambaran saja, perangkat android yang berkategori android 4 tak akan sesuai dengan syarat device yang telah ditentukan.  Jika tetap dipaksakan maka akan terjadi frame atau hang dalam proses otentikasi. Karena itu sangat penting dalam mengenali sebuah device sebelum melakukan otentikasi.

#3. Server maintenance

Hal yang sangat jarang ditemui adalah server maintenance. Dalam pengertiannya aplikasi akan menutup atau menonaktifkan fungsinya selama proses update berlangsung. Ketika aplikasi masih update, menunggu sampai selesai adalah kunci satu-satunya agar proses otentikasi juga tidak terganggu.

Tanya Jawab Seputar Taspen Otentikasi

#1. Apa yang terjadi ketika sang pemilik dana pensiun telah wafat, tetapi dana pensiun tetap mengalir tanpa diketahui oleh pihak pemberi?

Jadi jika diketahui ternyata ada seseorang yang misalnya memiliki ayah yang telah wafat, namun ia tak melaporkan kepada pihak pemberi dana pensiun mengenai kejadiannya dan terus menerima dana. Maka pihak Taspen akan menagih kelebihan dari jumlah yang diberikan kepada sang anak tadi

#2. Dalam proses otentikasi, biasanya berapa lama jarak antara otentikasi sekarang dengan yang selanjutnya?

Otentikasi dilakukan setiap satu bulan sekali dengan proses pencocokan wajah si penerima dan juga tes yang diberikan oleh pihak Taspen

#3. Mengapa di HP saya tidak bisa digunakan untuk membuka Taspen otentikasi?

Kemungkinan merek hp anda tidak sesuai seperti penjelasan di atas yakni minimal android 5 dan IOS 9. Jika tak mencukupi, maka hp akan menjadi frame ataupun tidak kuat dalam menjalankan aplikasi

#4. Apakah frekuensi penerimaan dana pensiunan bisa berbeda satu sama lain?

Berbeda tergantung keadaan pensiunan. Apabila pensiunan tersebut merupakan seorang veteran, maka akan diwajibkan otentikasi sebulan sekali. Apabila ternyata pensiunan tidak memiliki ahli waris tertunjang, maka akan diwajibkan otentikasi dua bulan sekali. Lalu apabila pensiunan tersebut memiliki ahli waris tertunjang, akan diwajibkan otentikasi tiga bulan sekal

Sekian tutorial lengkap seputar cara verifikasi lewat aplikasi Taspen Otentikasi dari tim Apec2013.or.id, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!